Seribu Bibit Kopi Ditanam di Puncak Buluh untuk Kembangkan Agro Mandiri Sukabumi

KILASINFO.ID
21 Maret, 2022 | 6:10 PM WIB Last Updated 2022-03-21T11:10:24Z

Penanaman secara simbolis Bibit Kopi. Foto : Istimewa

SUKABUMI,KILASINFO.id - Sedikitnya seribu bibit kopi ditanam di Pucak Buluh di Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Senin (21/3/2022). Penanam bibit kopi tersebut, dalam rangka memperingati hari hutan dan air sedunia. 

Proses penanaman seribu bibit kopi tersebut bekerjasama dengan masyarakat, Karangtaruna, Perumda Agro Sukabumi Mandiri dan Perhutani. 

“Penanaman bibit kopi ini untuk pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Apalagi, kondisi alam saat ini harus terus terjaga dengan baik,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami, usai penanaman. 

Menurut Marwan, dengan konsep ini tanaman Perhutani bisa terawasi. Di sisi lain, masyarakat juga bisa terhidupi dengan hasil kopi yang ditanaman. 

"Jadi hutan lestari, masyarakat sejahtera," ucapnya.

Tidak hanya itu, Marwan menyampaikan bahwa potensi sumber daya alam di Kabupaten Sukabumi sangat melimpah. Ketika dikelola dengan baik, maka akan memberikan ruang dan manfaat yang melimpah juga. 

"Pertanian saja contohnya, kalau dikelola dengan baik, tentu akan memberikan ruang dan banyak manfaat," terangnya.

Direktur Utama Perumda Agro Mandiri Sukabumi Muchlis Yusuf, memastikan penanaman bibit kopi dijadikan sebagai momentum untuk kebangkitan agribisnis di Kabupaten Sukabumi. Terutama, dari sisi komoditas kopi. Apalagi, kopi menjadi primadona saat ini. 

"Selain peduli lingkungan, kita ingin kopi menjadi ikon di Kabupaten Sukabumi," harapnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Karanganyar, Dudu Ruswandi mengatakan, penanaman kopi menjadi aspirasi bagi masyarakat. Khususnya, dalam menjaga ekosistem pertanian.

"Terima kasih bapak Bupati dan Perumda Agro Mandiri Sukabumi yang telah memprakarsai kegiatan ini. Semoga ini bukan akhir, namun awal mempertahankan ekosistem alam," ucapnya.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seribu Bibit Kopi Ditanam di Puncak Buluh untuk Kembangkan Agro Mandiri Sukabumi

Trending Now

Iklan