Termasuk Bahas Seragam, MUI dan Forkompicam Cicurug Bangun Komitmen Jelang Ramadhan 1443 H

KILASINFO.ID
10 Maret, 2022 | 2:02 PM WIB Last Updated 2022-03-22T04:07:36Z

Rakor MUI dan Forkompincam Cicurug di Ponpes An-nizhomiyyah Rawasidkin. Foto : Istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cicurug bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) setempat menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk membangun komitmen dan kesepakatan kegiatan menjelang bulan Ramadhan 1443 H.

Tidak hanya itu, rakor yang di gelar di pondok pesantren An-nizhomiyyah Rawasidkin ini, membahas juga kekompakan dan persatuan antara ulama dan umaro di wilayah kecamatan Cicurug.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Kecamatan Cicurug, KH. Moch. Mahmud Hasyim, berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan persatuan antara MUI dengan Forkopimcam.

“Intinya, ada terus sinergitas antara MUI dan Forkompincam untuk menjadikan Cicurug sebagai kota religius yang mampu meminimalisir kemaksiatan,” kata KH. Moch. Mahmud Hasyim , kepada forum rapat.

Serta Forkompincam Cicurug sangat siap membantu dan mendukung semua program yang ada di MUI.

“Alhamdulillah, Forkompincam siap membantu MUI, tapi tentu itupun sebelumnya harus koordinasi terlebih dahulu dan selama tidak melanggar aturan hukum yang berlaku,” sebutnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua MUI Kecamatan Cicurug, Kh. Moch. Endang Sanaaul Ahza, beliau mengajak semua unsur untuk tetap solid dan bersatu.

"Jangan peduli dengan cacian dan hinaan, karena sejatinya organisasi itu ibarat bangunan tubuh yang satu. Jadi intinya kita harus tetap solid dan bersatu," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Ust. Yus Ahmad Winarya, S.H.I., M.Si, menyinggung persoalan warna seragam Satuan Tugas (Satgas) MUI Kecamatan Cicurug yang sempat menjadi kesalahfahaman.

“Alhamdulillah, saat ini semua pihak telah sepakat termasuk Forkopimcam bahwa seragam Satgas MUI yang ada tetap dipakai saat-saat tertentu, dan akan membuat seragam yang lain dengan warna berbeda,” jelasnya.

Untuk warna dan jenis seragam Satgas MUI ini, sambung Yus, “Sudah clear disepakati dengan warna dan jenis yang hari ini ada, termasuk seragam dewan pertimbangan, dewan pengurus harian, komisi dan koordinator bidang,” terang Yus.

Menurut Yus, kesepakatan tersebut dilakukan pada saat rapat pertemuan panitia MUSDA-V dan pengurus MUI Kecamatan di ponpes GIM Karangsirna. “ini bahkan sudah dilaporkan ke MUI Kabupaten Sukabumi dan sudah disetujui walaupun belum secara tertulis,” sebutnya.

Kemudian, lanjut Yos, berkaitan dengan program kerja menghadapi Bulan Ramadhan, seperti Tarowikh Keliling (Tarling), Buka bersama, termasuk himbauan-himbauan yang dilakukan Forkopimcam dan MUI.

“Tadi secara jelas dan tegas disampaikan Forkompincam bahwa MUI diizinkan untuk mendampingi dan mengawal kegiatan-kegiatan tersebut. Namun tetap, seperti yang disampaikan ketua MUI sebelum masuk bulan Suci Ramadhan, akan ada Rapat Kerja (Raker) internal MUI,” ungkapnya.

Semoga kedepan, sambung Yos, “MUI, Forkopimcam dan semua pihak bisa bersama-sama berkolaborasi, bersatu untuk menjadikan Kecamatan Cicurug sebagai kota santri dan kota yang religius, Aamiin,” tutupnya.***

Komarudin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Termasuk Bahas Seragam, MUI dan Forkompicam Cicurug Bangun Komitmen Jelang Ramadhan 1443 H

Trending Now

Iklan