Ustad Oyag : Saung Hijrah Solusi Tanpa Menyakiti Maupun Membenci, Apalagi Menjadi Pendengki

KILASINFO.ID
25 Maret, 2022 | 4:41 PM WIB Last Updated 2022-03-25T09:41:40Z

Abi Asgun.|istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Saung Hijrah, terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki latar belakang orang-orang yang lazim disebut sebagai jauh dari Tuhannya.

Pimpinan Saung Hijrah Asep Gunawan menceritakan, alasannya memilih nama Saung Hijrah.

Nama Saung Hijrah dipilih karena saung itu adalah tempat untuk berkumpul atau dalam Bahasa Sunda ngariung (berkumpul.red). Sedangkan Hijrah untuk tujuan kebaikan. 

“Jadi Insya Allah mejadi washillah hidayah, karenanya dinamakan Saung Hijrah,” papar Ustad yang sering dipanggil Abi Asgun atau Ustad Oyag itu, saat ditemui di Kampung Legoksirna, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kamis (25/3/2022).

Menurut ia, Tagline semangat hijrah juga terlihat dari ciri yang dimiliki saung hijrah yaitu, Solusi Tanpa Menyakiti Maupun Membenci, Apalagi Menjadi Pendengki.

"Maksud dari tagline itu adalah saling mengingatkan terhadap orang yang mempunyai ingatan, supaya kembali kepada jalan Allah SWT,” ungkapnya.

Sehingga, masih kata Ustad, nanti terwujud dua kesalehan setelah kita hijrah. Dua kesalehan tersebut, adalah kesalehan individu kita kepada Allah dan kesalehan sosial kepada sesama manusia.

“Bahkan dalam hubungan kita juga dengan alam,” jelas pria berusia 42 tahun itu.

Adapun tujuan didirikannya Saung Hijrah, tambah Ustad, adalah untuk memperbaiki diri kita agar lebih baik, tanpa memandang orang lain lebih buruk dari kita.

"Tujuannya tentu mengajak orang-orang yang bisa dikatakan dipandang sebelah mata oleh masyarakat supaya bisa dinilai tidak hanya dari masa lalunya, tapi dinilai baik setelah orang tersebut memilih hijrah,” paparnya.

Dan Hijrah ini, bukan merasa diri lebih baik daripada orang lain, tetapi hijrah di sini, yakni bagaimana kita berbenah diri atas apa yang selama ini kita perbuat tanpa harus menyakiti orang lain.***

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ustad Oyag : Saung Hijrah Solusi Tanpa Menyakiti Maupun Membenci, Apalagi Menjadi Pendengki

Trending Now

Iklan