Warga Butuh Bantuan Gakinda, Begini Prosedurnya!

KILASINFO.ID
28 Maret, 2022 | 12:27 PM WIB Last Updated 2022-03-28T05:27:25Z

Kantor UPTD Puskesmas Cicurug, Kabupaten Sukabumi.|Dok: kilasinfo.id

SUKABUMI, KILASINFO.id – Kepala UPTD Puskesmas Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Nina Suminarsih, memastikan bahwa layanan keluarga miskin daerah (Gakinda) adalah salah satu program bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, dengan bantuan pembiayaan dari pemerintah.

“Saat ini, untuk warga Kecamatan Cicurug program tersebut bisa digunakan, syaratnya yang bersangkutan memang benar-benar tidak mampu yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan tidak memiliki jaminan sosial kesehatan dari pemerintah maupun mandiri, Kartu Keluarga (KK) dan Foto Copy KTP,” kata Nina, saat ditemui dikantornya, Senin (28/3/2022).

Tetapi, masih kata Nina, persyaratan lainnya NIK KTP nya harus terdaftar sebagai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Dinas Sosial dari desa masing-masing.

"Betul, masyaraka kini bisa menggunakan atau memanfaatkan program Gakinda di Puskesmas, tapi hanya untuk masyarakat yang masuk kategori kurang mampu di Kecamatan Cicurug," ungkapnya.

Masih kata Nina, program ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dan ingin mendapatkan pelayanan kesehatan. "Program seperti ini tentu sangat membantu warga yang kurang mampu terus ingin mendapatkan pelayanan kesehatan," paparnya.*

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Butuh Bantuan Gakinda, Begini Prosedurnya!

Trending Now

Iklan