Kenang Wafat KHR Abdul Basith, Forum ZIS Desa Nangerang Santuni 270 Janda Jompo

KILASINFO.ID
27 Maret, 2022 | 4:48 PM WIB Last Updated 2022-03-29T00:35:47Z
Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi H Ade Daryadi, saat memberikan santunan kepada janda jompo di wilayah Desa Nangerang, Minggu (27/3/2022).|Dok: Kilasinfo.id

SUKABUMI, KILASINFO. id - Forum ZIS Desa  Nangerang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat, Minggu (27/3/2022) menyantuni 270 janda jompo.

Kegiatan santunan tersebut sekaligus mengenang wafatnya sang inisiator ZIS yang ke-5 tahun KHR Abdul Basith bin KHR Hidayatullah.

Kepala Desa Nangerang, Unang Kuswandi,  menyampaikan bahwa santunan kepada janda dan jompo tersebut merupakan kegiatan rutin yang sudah 8 kali dilaksanakan sejak forum ZIS Desa Nangerang terbentuk.

"Terima kasih kepada forum ZIS yang selalu istiqomah dan berkomitmen mengadakan kegiatan menjelang waktu bulan suci ramadhan dilaksanakan santunan kepada janda jompo se-wilayah Desa Nangerang," Ungkpnya.

Menurut Unang, santunan janda jompo ZIS desa Nangerang, sekaligus mengenang wafatnya sang inisiator ZIS ke 5, KHR Abdul Basith KHR Hidayatullah.
Ketua Yayasan Al-Amin Cicurug, KHR  Ahmad Gondar Hibatullah bersama KH Mahmud Hasyim saat memberikan santunan. 


"Terima kasih, mudah mudahan apa yang sudah dikorbankan masyarakat dan panitia pelaksana mendapat ganjaran dari Allah SWT," ucapnya. 

Sementara itu, ketua forum ZIS Kabupaten Sukabumi, H Ade Daryadi, menyampaikan bahwa program ZIS sudah berjalan 8 tahun, salah satu kegiatannya ada program santunan, yang saat ini dirangkaikan dengan mengenang guru kita sang inisiator  pendiri ZIS, KHR Abdul Basith yang ke 5 tahun. 

"Mudah mudahan dari pertama hingga akhir perencanaan para panitia berjalan baik. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan forum ZIS," ungkapnya. 

Menurut H Ade,  program ZIS selain belajar zakat sebelum nisab, saat ini sedang digalakan Subuh Mengaji (Suji) yang diisi dengan memberikan wakaf Alqur'an dan santunan kepada 41 anak yatim, seperti tadi dilaksanakan di kecamatan Cidahu.

"Suka duka nya ada, selama 8 tahun ZIS terbentuk, programnya sudah banyak dimana mana. Hanya, saat ini sedikit menurun," kata H Ade.

Kenapa menurun, masih kata H Ade, ini karena petugas sudah tidak patuh. Masih ada petugas yang menanyakan dimana landasan hukum ZIS dibuat, padahal landasan ZIS sudah jelas.

"Landasan hukum ZIS desa Nangerang dibuat berdasarkan Surat Keputusan Kepala desa no 141/1/ tahun 2013, itu awalnya," jelas H Ade. 

Menurut H Ade, cakupan SK tersebut saat itu untuk ZIS wilayah desa Nagerang. Dalam pelaksanaannya, program ZIS ini berkembang sampai keluar wilayah Desa Nangerang. 

"Alhamdulillah pada tahun 2016 Bupati Sukabumi mengelurkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 35 tentang pemberdayaan zakat, infak dan sodaqoh yang berbasis masyarakat," jelasnya. 

Landasan itulah, dimulai dari setiap desa wilayah boleh membentuk ZIS. Teknisnya, bisa diatur oleh peraturan desa (Perdes), boleh diatur juga oleh peraturan kepala desa (Perkades) 

"Sudah 8 tahun tidak berasa, program ZIS dibawah lembaga zakat infak shodagoh nahdatul ulama (Lazisnu) Kabupaten Sukabumi ini diikuti dan ditiru oleh daerah daerah lain hingga sampai ke luar Provinsi Jawa Barat," paparnya. 

Sehingga prorgram yang bagus ini disebarken lalu diikuti oleh daerah lain tentang azas kemanfaatan tentang manfaat infaq dan sodaqoh nya, nyakini oleh kita semua bahwa hal ini bakal mendapat ganjarannya. 

"Terakhir, ZIS, moto nya adalah "Terima Kasih, yakni Setiap terima langsung kasih" jadi ketika setiap penerimaan langsung di keluarkan 2,5 persen," tutupnya.  

Salah seorang Jompo, Saroji (85) mengaku senang dengan pemberian bantuan yang dia terima dari Pemdes Nangerang dan Forum ZIS. Dia berharap program bantuan seperti ini terus berlanjut, sehingga bisa lebih meringankan beban masyarakat.

“ Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala Desa dan ketua Forum ZIS, yang telah berkenan memberikan bantuan ini,” kata Saroji, sambil tersenyum bahagia.***

Ade Sutisna
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenang Wafat KHR Abdul Basith, Forum ZIS Desa Nangerang Santuni 270 Janda Jompo

Trending Now

Iklan