50 Persen Perusahaan di Sukabumi Bangkrut, Bupati : Ribuan Karyawan di PHK, PAD Menurun 1,3 Persen

KILASINFO.ID
07 April, 2022 | 7:03 PM WIB Last Updated 2022-04-07T12:04:43Z

"Kondisi ini... berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD) yang saat ini mengalami penurunan hingga 1,3 persen," kata Bupati

Ilustrasi PHK karyawan.|Foto: antara.com

SUKABUMI, KILASINFO.id - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyebut sekitar 50 persen jumlah perusahaan yang ada di wilayahnya gulung tikar dan memutus kerja ribuan buruhnya. 

Hal tersebut disampaikan Bupati saat Muhibah Ramadhan 1443 H di Masjid Al-Falah, kampung Legoksirna, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kamis (7/4/2022).

"Sekitar 50 persen dari 900 perusahaan di Kabupaten Sukabumi gulung tikar, akibat penjualannya yang menurun," kata Marwan.

Kondisi tersebut masih kata Marwan, berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD) yang saat ini mengalami penurunan hingga 1,3 persen.

"Minus 1,3 persen, dari pendapatan sebelumnya sebesar 6 persen, karena perusahaan bangkrut dan juga pariwisata sepi," bebernya.

Bahkan tidak hanya itu, ribuan karyawan yang kena PHK pun jadi kehilangan pekerjaan. Tapi untuk hal ini, pemerintah tengah memberikan solusi dengan cara meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Capaian pembangunan tahun ini juga menurun, Apalagi, konsentrasi kepada peningkatan SDM dan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dibulan mei se kabupaten Sukabumi," ungkapnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 50 Persen Perusahaan di Sukabumi Bangkrut, Bupati : Ribuan Karyawan di PHK, PAD Menurun 1,3 Persen

Trending Now

Iklan