Anggota DPRD Jabar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Cibadak Sukabumi

KILASINFO.ID
24 April, 2022 | 9:12 PM WIB Last Updated 2022-04-24T14:12:44Z


Sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar di Kecamatan Cibadak.|Dok: kilasinfo

  Dra Hj Lina yanRuslinawatig akrab disapa Lina ini mengatakan bahwa 4 pilar itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

SUKABUMI, KILASINFO - Anggota DPRD Prov Jabar Dra Hj Lina Ruslinawati menyapa warga di daerah pemilihan (dapil) Jabar V Kota/Kabupaten Sukabumi melalui sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar di Kecamatan Cibadak.

Legislator asal Partai Gerinda Persatuan ini menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dra Hj Lina Ruslinawati yang akrab disapa Lina ini mengatakan bahwa 4 pilar itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, contoh riil individu yang menerapkan 4 pilar kebangsaan itu, misalnya tidak menyebarkan berita hoaks (bohong) bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), menggunakan sosial media dengan bijak, dan menggunakan teknologi digital untuk hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Indonesia sebagai negara besar dan kepulauan memiliki salah satu karakteristik kemajemukan, yaitu suku, budaya, dan agama. Untuk itu, perlu kesadaran bersama atas anuegrah keberagaman tersebut yang dibungkus dalam 4 pilar kebangsaan. 

"Hal ini bisa dipraktikkan melalui masyarakat paling bawah melalui agenda sosialisasi seperti ini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa empat pilar kebangsaan itu menjadi tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

"Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh, bangunan akan mudah roboh. Demikian juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu memiliki tiang yang kokoh, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anggota DPRD Jabar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Cibadak Sukabumi

Trending Now

Iklan