Belum Tahu? Ini Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah dan Biru

KILASINFO.ID
05 April, 2022 | 12:09 PM WIB Last Updated 2022-04-05T05:09:21Z

Selain warna papan nama, perbedaan mencolok secara fisik antara SPBU merah dengan SPBU biru adalah fasilitas pelengkap di area SPBU.

SPBU Bojonggenteng. |Ade Yosca 

SUKABUMI, KILASINFO.id - Untuk warga Sukabumi yang penasaran kenapa ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina merah dan biru, tidak perlu bingung atau bertanya lagi kenapa ada dua warna SPBU, padahal sama sama Pertamina.

SPBU Pertamina terbagi menjadi dua. Dua pom bensin tersebut SPBU Pasti Pas berwarna merah dan SPBU Pasti Prima dengan warna dominan biru. Warna papan berlainan memang menjadi pembeda utama SPBU Pertamina Pasti Prima dan SPBU Pertamina Pasti Pas.

Jangan heran jika SPBU Pertamina berwarna merah jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang biru. Karena SPBU biru memang baru menjamur sejak beberapa tahun belakangan.

SPBU Pasti Prima sendiri merupakan pengembangan dari SPBU Pasti Pas yang sudah ada semenjak tahun 2006, terutama dari sisi pelayanan. Sedangkan SPBU Pasti Prima mulai diluncurkan sejak tahun 2015.

"Sebetulnya tidak ada perbedaan yang mencolok,  memang SPBU Pasti Prima ini masih tergolong baru tidak sama hal nya SPBU Pasti Pas, cuman memang Pasti Prima lebih lengkap dari Pasti Pas, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang belum ada di Pasti Pas," papar Ridwan Rahmansyah salah seorang pengawas SPBU Bojonggenteng, Selasa (5/4/2022).

Selain dari warna papan nama, perbedaan mencolok secara fisik antara SPBU merah dengan SPBU biru adalah fasilitas pelengkap di area SPBU.

Jika fasilitas penunjang SPBU Pasti Pas dengan warna merah berupa fasilitas standar, seperti toilet, tempat ibadah, isi angin, dan terkadang minimarket di beberapa SPBU.

Sedangkan SPBU Pasti Prima yang berwarna biru, biasanya sudah pasti memiliki fasilitas yang dimiliki SPBU Pasti Pas, dengan tambahan fasilitas lebih lengkap, seperti kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, penjualan pelumas dan elpiji, nitrogen, serta restoran cepat saji.

Perbedaan secara fisik lainnya adalah pada kelir dispenser. Pada SPBU Pasti Pas biasanya nozel berwarna hitam pada bagian bawah, sedangkan SPBU Pasti Prima berwarna hijau.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belum Tahu? Ini Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah dan Biru

Trending Now

Iklan