BLT Subsidi Gaji Cair ke 8,8 Juta Pekerja, Ini Cara Cek BSU Rp1 Juta Masuk Rekening

KILASINFO.ID
26 April, 2022 | 11:20 AM WIB Last Updated 2022-04-26T04:20:52Z

 "Bantuan sosial ini diberikan untuk membantu perekonomian pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta"

Ilustrasi bantuan.|Foto: cermati.com

JAKARTA, KILASINFO - Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji cair Rp1 juta untuk 8,8 juta pekerja. Bantuan sosial ini diberikan untuk membantu perekonomian pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Melansir Okezone, pencairan BLT subsidi ini masih menunggu kelengkapan data yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan.

"Kalau sudah siap semua, kita segera salurkan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, dikutif Okezone.

Anwar Sanusi mengungkapkan jika data penerima BLT subsidi gaji sudah rampung, maka BLT subsidi gaji Rp1 juta siap disalurkan.

"Kalau sudah selesai regulasi dan data calon penerima maka langsung disalurkan," katanya.

Anwar tak bisa memastikan kapan target penyaluran BLT subsidi gaji Rp1 juta dilakukan. Apakah bulan ini atau sebelum Lebaran.

"Kalau sudah siap semua, kita segera salurkan," katanya.

Pemerintah pun masih menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan untuk memilih pekerja mana saja yang memenuhi kriteria penerima BSU 2022.

"Serta yang tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 bersama BPJS Ketenagakerjaan, dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku bank penyalur," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, dikutif Okezone.

Melansir situs resmi kemnaker.go.id, ini cara cek status dapat BLT atau Tidak.

a. Kunjungi website kemnaker.go.id

b. Daftar Akun

Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

c. Masuk

Login kedalam akun Anda.

d. Lengkapi Profil

Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

e. Cek Pemberitahuan

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar berikut.

Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Tidak Terdaftar

- Anda akan mendapatkan notifikasi tidak terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), apabila Anda tidak memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021

- Anda juga akan mendapatkan notifikasi yang sama, apabila Anda memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 Tahun 2021 namun data Anda belum masuk dalam tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BLT Subsidi Gaji Cair ke 8,8 Juta Pekerja, Ini Cara Cek BSU Rp1 Juta Masuk Rekening

Trending Now

Iklan