Disabilitas belum miliki Dokumen Kependudukan Bakal Dijemput Bola

KILASINFO.ID
18 April, 2022 | 9:37 AM WIB Last Updated 2022-04-18T02:37:50Z

"... dalam kepengurusan dokumen kependudukan semua dilakukan tanpa dipungut biaya," kata Zudan Arif.

Ilustrasi disabilitas.|Foto: radarcirebon.com

JAKARTA, KILASINFO - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, bila ada penyandang disabilitas yang belum memiliki dokumen kependudukan maka dapat langsung menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan pencatatan.

"Kalau ada yang belum memiliki dokumen kependudukan segera hubungi Disdukcapil setempat agar nanti di jemput bola ke sekolah atau di rumah," kata Zudan Arif, di Bandarlampung, dikutif ANTARA, Senin (18/4/2022).

Ia melanjutkan, dalam kepengurusan dokumen kependudukan semua dilakukan tanpa dipungut biaya. Hal tersebut sebagai upaya Dukcapil Kemendagri untuk mencapai target 100 persen penyandang disabilitas di Indonesia agar mendapatkan dokumen kependudukan.

"Semua pencatatan dan kepengurusan dokumen kependudukan gratis, kalau ada yang meminta biaya pembuatan dokumen harap untuk dilaporkan ke kami. Sebab ini bertujuan untuk mengingatkan pelayanan bagi masyarakat," tambahnya.

Berdasarkan data Kemensos melalui Sistem Informasi Manajemen Penyandang Disabilitas (SIMPD) hingga Januari 2021, jumlah penyandang disabilitas yang terdata berjumlah 209.604 orang.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Disabilitas belum miliki Dokumen Kependudukan Bakal Dijemput Bola

Trending Now

Iklan