Intip Keindahan Pulau Kunti dan Terumbu karang di Bawah Laut yang Menakjubkan

KILASINFO.ID
02 April, 2022 | 12:26 PM WIB Last Updated 2022-04-02T05:26:08Z

Pulau Kunti dan Terumbu karang. |istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Dari namanya traveler bakal mengaitkan dengan hantu perempuan berambut panjang dengan suara tertawa yang menyeramkan. Tapi, tidak ada kuntilanak di pulau ini.

Ya, Pulau Kunti namanya, pulai ini menawarkan pemandangan di atas lautan yang indah, selain itu traveller bisa menjelajahi Goa Kunti dan terumbu karang di bawah laut yang menakjubkan.

Namun tidak hanya itu, pulau ini juga menawarkan pesona alam bawah laut yang indah untuk dijelajahi. Beragam terumbu karang dan tumbuhan laut lainnya bisa kita nikmati sambil melakukan snorkeling.

Keberadaan pulau ini masih satu kawasan dengan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Destinasi wisata ini berada di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, atau tepatnya di ujung semenanjung area Gunung Badak.

Hamparan pantai pasir putih serta deretan karang sisa lava gunung api puluhan juta tahun silam, dan rimbunan pepohonan, menambah eksotik Pulau Kunti ini.

Menurut Saman, salah seorang anggota GEO Rangger Dermaga Ciwaru dan Pulau Kunti, menjelaskan pulau ini berasal dari batuan purba berusia 65 juta tahun silam, dan terdapat kompleks batuan melan, sejenis batuan subduksi yang diendapkan di palung dalam, serta dikaitkan dengan gempa tektonik yang kemudian disatukan sedimen lumpur Ciletuh. 

“Dinamakan Pulau Kunti karena secara histori di sana ada kompleks batu-batu konglomerat atau batu melan sejenis batuan subduksi, dikaitkan dengan gempa tektonik, disatukan sedimen lumpur Ciletuh," kata Saman. 

 Bentuknya seperti dam ke bawah dan di bawahnya terdapat goa-goa kecil, jadi jika dihantam oleh gelombang air laut sampai lima meter, goa tersebut akan mengeluarkan gema mirip dengan orang tertawa, dari situlah dinamakan Pulau Kunti,”

Untuk Pulau Kunti, Saman menjelaskan, keunikannya yang terbentuk dari lempeng tektonik Indo – Australia dan Kroasia yang reduksi tersingkap naik ke permukaan hingga akhirnya membentuk hamparan paling ujung di semenanjung.

“Jadi, Pulau Kunti berada di ujung semenanjung terbentuk dari sedimen batuan melan, itu usianya diperkirakan antara 55 juta tahun sampai 65 juta tahun itu semua hasil reduksi sesar tidak bisa dipatahkan lagi, batuan itu dari laut. Karenanya, di sana ditemukan fosil numulates,” papar Saman.

Pulau Kunti menawarkan beberapa fasilitas dan keindahan alamnya seperti goa purba dengan cerita mitos di dalamnya, pasir putih, serta kawasan Margasatwa Cibanteng, serta fasilitas tambahan, seperti Snorkeling, banana boat dan diving.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Intip Keindahan Pulau Kunti dan Terumbu karang di Bawah Laut yang Menakjubkan

Trending Now

Iklan