Pecah Kemacetan, 3.500 Desa Wisata Disiapkan untuk para Pemudik

KILASINFO.ID
26 April, 2022 | 11:47 AM WIB Last Updated 2022-04-26T04:47:11Z

 Dimana ada destinasi unggulan yang bisa dinikmati pemudik sehingga tidak terjebak kemacetan

Iluatrasi desa wisata.Foto: harian haluan.com

JAKARTA, KUKASINFO - Pemerintah memperkirakan mereka yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini mencapai 80 juta orang, dimana dari jumlah itu, 60 persen ada dipulau Jawa, dan sisanya diluar jawa.

Hal itu membuat kementerian patiwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekrat) ingin memanfaatkan peluang sebaik baiknya dengan mengarahkan produk produk ekonomi kreatif di desa desa wisata.

Seperti yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, di Jakarta pada 25 April 2022, dilansir Antara, perputaran uang dari libur dan cuti bersama tahun ini dapat mencapai 72 triliun lebih.

Untuk itu, saat ini, pihaknya sudah menyiapkan pelatihan dan pendampingan produk ekstra yang terkurasi di 3.500 desa wisata.

Untuk memecah kemacetan mudik, pihaknya menawarkan destinasi wisata dan sentra ekstra yang siap menyambut para pemudik. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan kementrian perhubungan dijalur selatan, utara dan alternatif.

Dimana ada destinasi unggulan yang bisa dinikmati pemudik sehingga tidak terjebak kemacetan.

"Jika dikemas dengan baik insyaallah ini akan menjadi destinasi yang unik, berarti harus ada homestay, harus ada yang lainnya dan protokol kesehatan. Ini sejalan dengan program kita desa wisata 2022," katanya, dikutif Antara.

Sandi berharap, dari perkirakan 80 juta orang pemudik, 60 persen diantaranya akan melakukan kegiatan wisata lebuh lanjut. Karena walaupun desa desa wisata masih dalam kategori rintisan, namun mereka sudah bisa menerima dalam kapasitas tertentu,

Dengan fasilitas rumah tinggal, fasilitas ekra, setra UMKM, hingga penyediaan toilet yang memadai. Dengan harapan bisa membantu mendorong kebangkitan hibgga memulihkan ekonomi dalam 2 tahun terakhit diterpa vandemi 19.*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pecah Kemacetan, 3.500 Desa Wisata Disiapkan untuk para Pemudik

Trending Now

Iklan