Pedagang Amplop Lebaran Mulai Menjamur di Kota Sukabumi

KILASINFO.ID
20 April, 2022 | 9:48 AM WIB Last Updated 2022-04-20T02:48:22Z

".. diketahui pemberian sejumlah uang kepada sanak keluarga saat Hari Raya merupakan tradisi, hal ini melahirkan peluang bisnis penjual amplop Lebaran"

Penjual amplop Lebaran di jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.|Foto: Eka Lesmana

SUKABUMI, KILASINFO - Dua minggu menjelang idul fitri, sejumlah pedagang amplop lebaran mulai berjejer di jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Kertas angpao yang berdesain lebaran itu di jual seharga Rp5 rb per bungkus nya.

"Dalam satu bungkus, isi dan motifnya bisa bermacam - macam, ada motif religi dan motif kartun untuk anak - anak," kata Ajang Suherman salah satu pedagang, Selasa (19/4/2022).

Menurut Ajang, Amplop yang dia jual itu ada dua fungsi, selain untuk tempat memberi uang kepada sanak saudara juga sekaligus menyampaikan ucapan Idul Fitri. 

" Pedagang amplop lebaran ini adanya hanya setahun sekali biasanya 15 hari puasa dan puncaknya nanti biasanya 5 hari menjelang lebaran," ucapnya.

Menurut warga Ciaul itu, ada berbagai macam motif amplop lebaran tersebut, motif religi satu bungkus berisi 5 lembar angpao dengan ucapan selamat IdulFitri. 

"Motif ini disebut religi karena bergambar Masjid, Ka'bah, Bedug hingga ketupat Lebaran. Motif ini biasanya untuk digunakan sebagai angpao yang akan diberikan ke anak remaja," ucapnya. 

Kemudian, masih kata Ajang, di motif lainnya ada bergambar kartun. motif ini beraneka gambar dengan karakter tokoh kartun yang terkenal di kalangan anak - anak, mulai dari Hello Kitty, Tayo, Boboiboy, Princess, Frozen, Spongebob hingga Hot Wheels.

"Motif imut ini dilengkapi selamat IdulFitri, sengaja dibuat untuk menarik minat anak - anak," katanya.

"Di antara dua motif tersebut, sambung Ajang, motif kartun yang mendominasi beranda dagangannya," ungkapnya. 

Seperti di ketahui pemberian sejumlah uang kepada sanak keluarga saat Hari Raya merupakan tradisi, hal ini melahirkan peluang bisnis menyediakan amplop Lebaran.

Ajang mengaku untung hingga Rp200 ribu/hari dari berjualan amplop Lebaran.

"Seminggu sebelum Lebaran penjualan akan meningkat dan pendapatan saya sampai Rp500 ribu setiap hari," pungkasnya.**

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pedagang Amplop Lebaran Mulai Menjamur di Kota Sukabumi

Trending Now

Iklan