PMII Minta Polisi usut Tindakan Refresif Oknum Petugas saat Aksi di DPRD Kota Sukabumi

KILASINFO.ID
07 April, 2022 | 7:54 PM WIB Last Updated 2022-04-07T12:56:46Z

"Aksi ini adalah aksi tuntutan terhadap tindakan refresif yang dilakukan oleh beberapa oknum yang diduga terlibat aksi pengeroyokan kemarin," kata Ketua PC PMII Kota Sukabumi, Syahrul Umar.

Aksi mahasiswa PMII di depan Mapolres Sukabumi kota. |Foto : Eka Lesmana

SUKABUMI, KILASINFO - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) pengurus cabang Kota Sukabumi melakukan aksi unjuk rasa di depan mako Polres Sukabumi Kota, Kamis (7/4/22).

Mereka menuntut tindakan refresif yang dilakukan oleh beberapa oknum keamanan pada saat melakukan aksi damai di depan gedung DPRD Kota Sukabumi pada 1 April 2022 lalu. 

"Aksi ini adalah aksi tuntutan terhadap tindakan refresif yang dilakukan oleh beberapa oknum yang diduga terlibat aksi pengeroyokan kemarin," kata Ketua PC PMII Kota Sukabumi, Syahrul Umar.

Menurut Syahrul, seharusnya polisi menjadi contoh dan memberikan edukasi agar tidak terjadi tindakan terulang aksi kekerasan.

"Kami sudah melayangkan laporan ke Polres Sukabumi Kota pada 4 April 2022. Mahasiswa juga sudah komitmen agar kasus tersebut bisa dikawal dengan baik, dan kemudian bisa diusut dengan baik pula," ungkapnya. 

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY. Zainal Abidin mengatakan, pada prinsipnya kepolisian akan selalu memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang melakukan kegiatan penyampaian pendapat di muka umum, seperti yang dilakukan mahasiswa dari PC PMII Kota Sukabumi.

"Alhamsulillah, tadi sudah kita lihat bersama pihak PMII sangat kooperatif untuk komunikasi, hingga aksi berjalan aman dan konduaif," kata Zainal. 

Terkait laporan, Zainal menjelaskan, pihaknya memiliki komitmen bahwa seluruh masyarakat yang menyampaikan laporan kejadiannya kepada pihak kepolisian akan ditindaklanjuti dengan menerapkan SOP dan mekanisme yang berlaku sesuai tahapan-tahapan yang diatur oleh internal pihak kepolisian.

"Jadi itu komitmen kami, tidak hanya kepada teman-teman PMII saja, namun kepada seluruh masyarakat yang menyampaikan laporan pengaduannya akan ditindaklanjuti, Namun terkait perkembangan situasi di lapangan, pihaknya akan melihat terlebih dahulu hasil penyelidikan dan komunikasi yang ada," ungkapnya.***

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMII Minta Polisi usut Tindakan Refresif Oknum Petugas saat Aksi di DPRD Kota Sukabumi

Trending Now

Iklan