Sabar! Ini Titik-titik Rawan Macet di Jalur Sukabumi Saat Arus Mudik dan Wisata

KILASINFO.ID
20 April, 2022 | 9:37 AM WIB Last Updated 2022-04-20T02:37:06Z

".. Sukabumi merupakan daerah tujuan mudik dan wisata. Pada mudik Lebaran 2022, jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Kabupaten Sukabumi diprediksi meningkat, khususnya dari arah Jakarta dan Bogor"

Salah satu kemacetan di jalur Sukabumi.|Foto: Ade Yosca

SUKABUMI, KILASINFO - Dua pekan menjelang mudik Lebaran 2022, Satlantas Polres Sukabumi melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang rawan kemacetan saat arus mudik berlangsung. Langkah ini dilakukan agar kendaraan tidak mengalami kemacetan yang parah hingga arus berhenti.

Menurut Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudo Setyawan, Kabupaten Sukabumi merupakan daerah tujuan mudik dan wisata. Pada mudik Lebaran 2022, jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Kabupaten Sukabumi diprediksi meningkat, khususnya dari arah Jakarta dan Bogor.

"Maka dari itu kami sejak dini melakukan berbagai antisipasi terjadinya kemacetan panjang atau penumpukan kendaraan di jalur mudik Sukabumi," ujar Bagus, dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Rabu (20/4/2022).

Dari hasil pemetaan, lokasi rawan kemacetan di Kabupaten Sukabumi ada di wilayah Kecamatan Cicurug, tepatnya di Pasar Cicurug dan Simpang Cidahu. Kemudian di Kecamatan Parungkuda, tepatnya di Simpang Stasiun dan Pasar parungkuda. Lalu lokasi rawan kemacetan terakhir berada di Kecamatan Cibadak, tepatnya di sekitar Pasar Terminal CIbadaik, Labora, Simpang Ratu.

Sementara untuk jalur wisata, kemacetan diperkirakan akan terjadi mulai dari Palabuhanratu hingga Cisolok. Lalu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Gunung Butak, Pantai Citepus juga diprediksi menjadi rawan kemacetan.

Lokasi rawan kemacetan terakhir diperkirakan terjadi di Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok. Seluruh wilayah tersebut kerap dipadati kendaraan wisatawan setiap libur dan cuti bersama Idul Fitri.

Bagus mengatakan lokasi rawan kemacetan tersebut merupakan jalur utama mudik karena menghubungkan Sukabumi dan Bogor, maupun Sukabumi dan Jakarta. Pada tahun ini, jumlah pemudik yang masuk ke wilayah tersebut diperkirakan akan meningkat, baik pemudik yang menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, maupun kendaraan umum.

Tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran, setelah dua tahun terakhir melarangnya akibat Covid-19. Oleh sebab itu, volume kendaraan yang melintasi jalur Sukabumi diprediksi meningkat," jelas Bagus.

Sukabumi tidak hanya akan menjadi tujuan pemudik dari arah Jabodetabek, tetapi jalur ini juga akan dimanfaatkan pemudik tujuan Cianjur, Bandung, dan daerah lain apabila jalur Puncak, Bogor padat.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sabar! Ini Titik-titik Rawan Macet di Jalur Sukabumi Saat Arus Mudik dan Wisata

Trending Now

Iklan