Sanlat Siaga Bencana, IJTI : Saat Liputan Bencana Alam Harus Jaga Sopan Santun, Etika, dan Empati kepada Korban Bencana

KILASINFO.ID
18 April, 2022 | 3:49 PM WIB Last Updated 2022-04-18T08:49:41Z

 “Jurnalis harus menggali, mendapatkan, dan menyebarkan informasi yang terverifikasi dari lokasi bencana terutama tentang jaminan hidup, keamanan, dan optimisme penanganan dari pemerintah untuk penyintas, serta informasi keluarga" 

Ilustrasi bencana. | Foto: kendariaktual.com

SUKABUMI, KILASINFO - Ketua Ikatan Jurnalis TV (IJTI) Korda Sukabumi Raya Apit Haeruman, menyebut bahwa dalam liputan bencana alam harus menjaga sopan santun, etika, dan empati kepada korban di lokasi bencana.

Hal tersebut disampaikan Apit saat mengelar pesantren kilat (Sanlat) kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi di Masjid Jami Nurul Hidayah Kecamatan Baros.

 “Jurnalis harus menggali, mendapatkan, dan menyebarkan informasi yang terverifikasi dari lokasi bencana terutama tentang jaminan hidup, keamanan, dan optimisme penanganan dari pemerintah untuk penyintas, serta informasi keluarga," kata Apit, Senin (18/4/2022).

Apit menyebut, bahwa sajian informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan akan menjadi rujukan bagi pemerintah untuk mengambil keputusan tepat dalam penanganan bencana.

"Jurnalis juga diharapkan ikut mengawasi dan mengawal kebijakan pemerintah dalam upaya penanganan bencana sehingga efektif dan tepat sasaran," sebutnya. 

Hasil informasi, dalam Sanlat kali ini, IJTI dan PMI Kota Sukabumi juga akan menggelar sanlat siaga bencana secara roadshow dibeberapa lokasi Pesantren yang ada di  Kota Sukabumi.

Sanlat siaga bencana ini juga merupakan rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022 dan mengisi kegiatan di bulan suci ramadhan 1443 H.

Dalam pelaksanaannya nanti, PMI Kota Sukabumi mengerahkan personil Relawan Korps sukarela (KSR) yang akan menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.*

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sanlat Siaga Bencana, IJTI : Saat Liputan Bencana Alam Harus Jaga Sopan Santun, Etika, dan Empati kepada Korban Bencana

Trending Now

Iklan