Atasi Virus PMK, Pemkot Bogor Siapkan 5 Titik Pos Cegat Mobil Pembawa Sapi

KILASINFO.ID
30 Mei, 2022 | 12:45 PM WIB Last Updated 2022-05-30T05:59:30Z

 
Ilustrasi mobil pengangkut hewan ternak.|Foto: www.cendananews.com

... Setiap mobil bak terbuka atau truk yang melintas membawa sapi atau kambing, biasanya malam hari di perbatasan akan diberhentikan petugas Dishub atau Satlantas
 

BOGOR, KILASINFO – Sedikitnya lima Pos Cegat diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan berkuku belah seperti sapi dan kambing yang merebak jelang kebutuhan Idul Adha 1443 Hijriah.

Melansir dari Antara, lima pos cegat tersebut kerjasama Pemkot Bogor dengan Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan di lima titik pos cegat diruas jalan perbatasan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas S. Rasmana, mengatakan antisipasi dilakukan mengingat wilayah sekitar seperti Kabupaten Bogor telah didapati 14 sapi berpenyakit PMK asal Jawa Timur.

"Bukan posko seperti COVID-19, Kita pos cegat saja tidak ada tendanya. Setiap mobil bak terbuka atau truk yang melintas membawa sapi atau kambing, biasanya malam hari di perbatasan akan diberhentikan petugas Dishub atau Satlantas," kata Anas, dikutip dari Antara, Senin (29/5/2022).

Lima titik pos cegat tersebut berada di jalan Yasmin, Pomad, arah Ciawi, Bubulak dan Pamoyanan yang siap siaga mengawasi perjalanan mobil pengangkut sapi dan kambing.

Petugas Satlantas atau polsek yang berjaga maupun dishub akan menghubungi tim kedokteran hewan dari Dinas Kesehatan yang bekerja sama dengan DKPP untuk segera meluncur ke lokasi memeriksa hewan-hewan yang dibawa mobil tersebut.

Jika lolos dari indikasi PMK maka mobil pengangkut hewan itu dapat melaju ke 30 penampungan ternak penggemukan maupun rumah potong hewan (RPH) yang ada di Kota Bogor.**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Atasi Virus PMK, Pemkot Bogor Siapkan 5 Titik Pos Cegat Mobil Pembawa Sapi

Trending Now

Iklan