Dewan Minta Dishub Kabupaten Sukabumi Segera Keluarkan Hasil Evaluasi Truk Odol

KILASINFO.ID
30 Mei, 2022 | 5:11 PM WIB Last Updated 2022-05-30T10:11:33Z

 

 
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, H.M Agus Mulyadi, SE.,MH.|Foto: Istimewa

Kalau lebih, berapa kelebihannya, dan minta kapasitasnya diturunkan sesuai dengan kelebihan itu

SUKABUMI, KILASINFO – Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H. M Agus Mulyadi, meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, segera mengeluarkan hasil evaluasi kendaran berat dengan Over Dimensi dan Over Loading atau disingkat Odol yang telah di gelar baru-baru ini di kawasan Benda Cicurug.

“Saya (Agus Mulyadi.red) meminta Dishub segera mengeluarkan hasil evaluasi operasi truk Odol atau terhadap kendaraan yang mengangkut barang secara berlebihan,” kata Agus, saat berkunjung ke kantor kilasinfo, Senin (29/5/2022).

Bahkan khusus angkutan Aqua, Politisi Partai Golkar itu meminta agar Dishub mengeluarkan rilis secara terperinci apakah muatan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) itu berlebih atau tidak.

“Kalau lebih, berapa kelebihannya, dan minta kapasitasnya diturunkan sesuai dengan kelebihan itu,” ungkap Agus.

Diketahui sebelumnya, Dishub menggelar razia terhadap sejumlah kendaraan besar yang melenggang di jalanan Sukabumi. Hasilnya ditemukan kendaraan dengan Odol yang melintas di ruas jalan Sukabumi-Bogor.

"Hari ini kita lebih fokus kepada tonase atau dikenal dengan nama over dimension atau over loading yang sering disebut Odol. Kita memeriksa angkutan barang seperti itu, program kami setiap tahun pengawasan dan pengendalian lalu lintas," kata Dedi Chardiman, Selasa (24/5/2022), dikutip dari detikJabar.

Dari operasi itu ada puluhan kendaraan yang diperiksa, sebanyak 60 persen kedapatan melanggar dan masuk kategori Odol. Pemeriksaan kendaraan tersebut menggunakan alat timbang portabel.

"Hasilnya masih berproses namun sementara ada 15 kendaraan kita periksa ternyata mencengangkan mereka melebihi kapasitas yang diizinkan. Cara kerja kita periksa disesuaikan dengan spek alat yang kita miliki sesuai aturan," ujar Dedi.**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewan Minta Dishub Kabupaten Sukabumi Segera Keluarkan Hasil Evaluasi Truk Odol

Trending Now

Iklan