Isu Wabah PMK Merebak, Polisi sampai Cek Sapi dan Kambing di Pasar Sukabumi

14 Mei, 2022 | 6:32 PM WIB Last Updated 2022-05-14T11:32:32Z

"Hari ini bersama dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, mengecek kambing-kambing yang hendak diperjual belikan di Pasar Hewan Kota Sukabumi"

Pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Kota Sukabumi.|Foto: Istimewa

SUKABUMI, KILASIINFO - Antisipasi dini penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Polres Sukabumi Kota  bersama dinas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, bergerak cepat mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Kapolsek Citamiang Akp Arif Saptaraharja mengatakan, pengecekan tersebut sebagai upaya pencegahan dini kemungkinan terjadinya penularan PMK pada hewa ternak yang terjadi di beberapa daerah saat ini.

"Hari ini bersama dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, mengecek kambing-kambing yang hendak diperjual belikan di Pasar Hewan Kota Sukabumi. Hasilnya, tidak ditemukan hewan yang terinfeksi virus PMK," katanya. 

Masyarakat agar tidak panik terhadap fenomena yang bergulir saat ini. Karena akan terus dilakukan pengecekan rutin terhadap hewan ternak yang akan diperjual belikan.

"Penyakit ini banyak menyerang hewan ternak dari mulai sapi, kerbau hingga domba atau kambing dan tergolong penyakit akut yang penyebarannya melalui infeksi virus dan mudah menular," terangnya. 

Beberapa waktu kebelakang, penyakit ini memang sempat mewabah lagi di Indonesia pada sebagian daerah. Meskipun Indonesia bisa mempertahankan status bebas PMK dalam waktu yang cukup lama, tapi risiko penularan penyakit ini masih cukup tinggi mengingat beberapa negara di Asia Tenggara masih tertular.

Penyakit ini bisa masuk ke Indonesia melalui impor daging dan produk susu secara ilegal ataupun dibawa oleh penumpang yang berasal dari negara dan daerah tertular.

Selain itu, risiko penularan juga bisa terjadi melalui pemberian makanan sisa dari pesawat dan kapal laut. Selain itu risiko besar lainnya adalah kemungkinan masuknya hewan hidup yang rentan terhadap penyakit ini dari negara tetangga yang berstatus belum bebas PMK.***

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Isu Wabah PMK Merebak, Polisi sampai Cek Sapi dan Kambing di Pasar Sukabumi

Trending Now

Iklan