Masjid Baiturrahman Gegerbitung Sukabumi Primadona Wisata Religi

13 Mei, 2022 | 4:43 PM WIB Last Updated 2022-05-13T09:43:20Z

“Masjid ini dibangun sejak 2016, oleh Haji Ilham dan diresmikan pada 2018 lalu”

Masjid Baiturrahman.|Foto: Istimewa

SUKABUMI, KILASINFO - Masjid Baiturrahman di Kampung Cibogo, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten sukabumi, masih menjadi primadona untuk dijadikan wisata religi di wilayahnya.

Masjid megah yang dibangun oleh seorang pengusaha properti asal Jakarta bernama H. Ilham itu, Konon sang pemilik ingin membangun masjid ini sejak tahun 1997, akan tetapi baru bisa terlaksana setelah 18 tahun kemudian, karena baru tahun 2015 sang pemilik membeli lahan untuk masjid tersebut.

“Bangunan masjid ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 Mdpl, kerap dijadikan sebagai tempat untuk ‘ Ngabuburit’ atau menunggu waktu berbuka puasa,” kata Kepala Desa Ciengang, Yudius Hidayat Bagja, Jumat (13/5/2022).

Menurut Yudius, Masjid Baiturrahman selain dijadikan sebagai tempat untuk beribadah, kebaradaan masjid tersebut juga telah menjadi icon di Desa Ciengang.

“Masjid ini dibangun sejak 2016, oleh Haji Ilham dan diresmikan pada 2018 lalu,” ungkapnya.

Dari sisi arsitektur, tambah Yudius, bangunan masjid ini memiliki ciri khas berupa perpaduan antara bangunan ala Madinah untuk bagian kubah dan budaya Jawa kental yang terlihat di bagian ornamen masjid.

“Uniknya lagi, bagian depan bangunan ini menghadap ke Mekkah dan di bagian belakang menghadap ke para Wali Songo,” terangnya.

Rudi Rudiana (37), salah seorang warga Gegerbitung mengakui jika masjid tersebut terbilang megah. 

“Menarik, selain berada di atas bukit, masjid tersebut juga di keliling situ atau danau di bagian kaki bukit,” sebutnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masjid Baiturrahman Gegerbitung Sukabumi Primadona Wisata Religi

Trending Now

Iklan