Pengrajin Cangkang Ketupat Raup Cuan Jelang Lebaran

KILASINFO.ID
01 Mei, 2022 | 5:43 PM WIB Last Updated 2022-05-01T10:43:11Z
Menjelang hari raya idul fitri 1443 H penjual cangkang ketupat bermunculan


Penjual cangkang ketupat di Jalan Ahmad Yani, dan Jalan RA. Kosasih Kota Sukabumi.|Foto: Eka Lesmana

SUKABUMI, KILASINFO - Tak lengkap rasanya saat lebaran tanpa sajian ketupat. Penganan khas nusantara selalu menemani tiap momen hari raya di atas meja. Beras yang dimasak dengan anyaman daun nipah atau pandan itu sering disantap usai shalat Ied. 

2 hari jelang hari raya idul fitri 1443 H penjual cangkang ketupat mulai bermunculan, berjejer dibeberapa tempat di Kota Sukabumi.

Para penjual cangkang ketupat ini berderet di, ruas Jalan Ahmad Yani, dan Jalan RA. Kosasih, ini merupakan hal yang rutin dilakukannya setiap menjelang Lebaran. 

Hasan Sadili (31), salah seorang pembuat cangkang ketupat di jalan Ahmad Yani mengungkapkan, berjualan cangkang ketupat sudah dilakukan bertahun - tahun yang lalu.

" Mungkin ini sudah tradisi, saya selalu berjualan di sini setahun 2 kali pada saat menjelang idul fitri seperti sekarang dan jelang idul adha" ujarnnya, sabtu (30/4/22).

Ia mengaku, ia bersama belasan rekannya merupakan satu kampung berasal dari kampung Buluh, Desa Semplak Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi.

" Jadi di kampung kami hampir semuanya pengrajin cangkang ketupat, sudah turun temurun dari nenek moyang, kalau hari - hari biasa kami membuat jasa dekorasi janur dari daun pandan, sedangkan pada saat mendekati lebaran semuanya beralih membuat cangkang ketupat" terangnya.

Hasan Mengaku, ia baru berjualan 2 hari menjelang lebaran dan puncaknya biasanya ramai 1 hari jelang lebaran.

"Hari ini Lumayan pembeli sudah ramai, mungkin sampai besok sore saya berjualan disini, siang ini baru terjual puluhan ikat ketupat" ungkapnya 

Ia menambahkan, satu hari jelang lebaran biasanya terjual ratusan hingga ribuan buah cangkang ketupat, dan untuk harga perikat dengan isi 10 buah cangkang ketupat di bandrol 10 ribu rupiah.*

Eka Lesmana
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengrajin Cangkang Ketupat Raup Cuan Jelang Lebaran

Trending Now

Iklan