Perahu Kertas, Wabup: Perempuan Hebat, Keluarganya Berkualitas

KILASINFO.ID
31 Mei, 2022 | 4:10 PM WIB Last Updated 2022-05-31T09:10:58Z

 
Peluncuran program perempuan hebat untuk jeluarga yang berkualitas (Perahu Kertas).|Foto: Istimewa
Lima tujuan itu harus kita capai. Sehingga, perempuan hebat, keluarganya berkualitas
 

SUKABUMI, KILASINFO - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri meluncurkan program Perempuan Hebat untuk Keluarga yang Berkualitas (Perahu Kertas), Selasa, (31/5/2022). Program yang fokus terhadap pemberdayaan perempuan ini, diluncurkan di salah satu hotel berbintang di Sukabumi.

Perahu Kertas sendiri, merupakan program prioritas guna mengoptimalkan potensi perempuan. Hal itu sebagai sumber daya pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga, serta mencapai kesetaraan gender dan keadilan bagi perempuan.

Selain itu, sebagai wadah peningkatakan kapasitas perempuan dalam keluarga yang mampu mejawab kesenjangan perempuan sehingga, perempuan bernilai dan kompeten, serta diperhitungkan kehadirannya. Dengan begitu, kekerasan, diskiriminatif, keterbatasan akses terhadap perempuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik dapat terminimalisir.

H. Iyos mengatakan, program Perahu Kertas ini memiliki lima fokus utama yakni pendidikan, kesetaraan gender, kesehatan, ekonomi, dan potensi diri bagi perempuan.

"Lima tujuan itu harus kita capai. Sehingga, perempuan hebat, keluarganya berkualitas," ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemkab Sukabumi.

Maka dari itu, lanjut Wabup, terdapat fasilitator yang akan dibekali kemampuan. Sehingga, mereka bisa mengemban tugas untuk menyosialisasikan ke masyarakat.

"Jadi, fasilitator ini yang akan membantu menyosialisasikan ke masyarakat. Sehingga, tujuan akhirnya dapat terwujud," ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi H. Eki Radiana Rizki mengatakan, program ini baru berjalan di 10 kecamatan dan di proyeksikan berjalan hingga 2026 nanti.

"Sekarang baru meliputi 10 kecamatan yakni, Sukabumi, Cireunghas, Cisaat, Cicantayan, Kebonpedes, Kadudampit, Palabuhanratu, Simpenan, Cisolok, dan Cikakak. Setelah itu terus berkembang hingga 47 kecamatan," ungkapnya.

Dalam program yang baru dilincurkan ini, ada 100 fasilitator yang disiapkan. Mereka berasal dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

"Mereka diberikan bekal melalui pelatihan. Sehingga, fasilitator ini bisa menyebarkan ilmunya ke masyarakat di masing masing kecamatan," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan juga doa bersama untuk anak Gubernur Jawa Barat H.M Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) agar segera ditemukan.**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perahu Kertas, Wabup: Perempuan Hebat, Keluarganya Berkualitas

Trending Now

Iklan