Tahun Ini, 31 Calon Haji Asal Kota Sukabumi Gagal Berangkat

24 Mei, 2022 | 10:02 AM WIB Last Updated 2022-05-24T06:14:03Z

"Yang gagal berangkat itu karena adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi..."

Ilustrasi Calon Haji gagal diberangkatkan.|Foto: monologis.id

SUKABUMI, KILASINFO - Kantor kementerian Agama (Kemenag) kota Sukabumi mencatat sedikitnya ada 31 calon haji (Calhaj) yang gagal berangkat di tahun 2022. 

Ke 31 Calhaj yang gagal berangkat itu karena masuk kategori melewati batas usia yang ditetapkan.

Kepala Seksi penyelenggaraan haji dan umrah (PHU) Abdul Manan, menjelaskan aturan pembatasan usia merupakan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia Calhaj maksimal 65 tahun. 

"Jadi ada 31 Calhaj lansia asal Kota Sukabumi gagal berangkat ke tanah suci pada musim pelaksanaan tahun 2022 ini, namun 125 Calhaj lain nya berhasil diberangkatkan," kata Abdul Manan, Senin (23/5/2022).

Menurut Abdul Manan, 125 Calhaj tersebut sudah melakukan pelunasan sebelumnya. "Hari ini mereka tinggal menunggu jadwal keberangkatan saja dari PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi," ujarnya. 

Kembali dijelaskan Abdul Manan, pembatasan usia tersebut berlaku untuk semua Calhaj di seluruh dunia, tidak hanya Indonesia.

"Pembatasan usia ini berlaku untuk ibadah Haji reguler maupun khusus," terangnya. 

Kemudian pemerintah juga mengharuskan Calhaj telah melakukan vaksinasi minimal dua kali atau booster.

"Kalau sudah di booster, Calhaj fast track (layanannya dipercepat) tidak ada pemeriksaan lagi di bandara, tapi langsung ditarik ke asrama haji," jelasnya. 

"Dan semua Calhaj Kota Sukabumi, sambung Abdul manan, sudah booster semua, meningitis juga dalam proses sebagian udah sebagian lagi belum," tutupnya. 

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tahun Ini, 31 Calon Haji Asal Kota Sukabumi Gagal Berangkat

Trending Now

Iklan