Wabup Pastikan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark Siap Direvalidasi

18 Mei, 2022 | 7:51 AM WIB Last Updated 2022-05-18T00:51:20Z

"Semuanya telah disiapkan dan disempurnakan oleh masing-masing perangkat daerah," 

Geopark Ciletuh. Palabuhanratu. |Foto: pontas.id

SUKABUMI, KILASINFO - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan, secara keseluruhan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) telah siap direvalidasi. Karena, berbagai masukan selama prarevalidasi telah dilakukan untuk perbaikan. 

"Semuanya telah disiapkan dan disempurnakan oleh masing-masing perangkat daerah," kata Iyos saat memimpin rapat revalidasi CPUGGp di Pendopo, dikutif dari laman resmi Pemkab Sukabumi, Rabu (17/5/2022). 

Menurut Iyos, sejumlah lokasi telah dikunjungi selama pra revalidasi pada 11-13 mei 2022. Hal itu mulai dari pusat informasi geopark, Desa Wisata Hanjeli, Museum Megalodon, home industri Pawon Mogesh, pelepasan penyu Pantai Pangumbahan, Puslit Unpad, Museum Konservasi (Papsi), Geosite Curug Sodong, SD Tegal Caringin, Kampung Homestay, Puncak Dharma, dan Kasepuhan Adat Sinarresmi. 

"Sejumlah masukan pun telah disampaikan kepada Pemkab Sukabumi untuk disempurnakan. Sehingga, ketika proses revalidasi yang rencananya akan dilaksanakan pada 25-28 Mei telah siap," ungkapnya. 

Meskipun begitu, masih kata Iyos, kebersihan menjadi hal yang penting untuk ditekankan. Sebab, dirinya menginginkan semua area bersih dari sampah.

"Jangan sampai ada sampah yang berserakan. Cek semua spot," ucapnya.

Ketua Harian Badan Pengelola CPUGGp Dodi Somantri menambahkan, kesiapan revalidasi relatif baik. Semua pihak bersama-sama bersinergi untuk penilaian kembali CPUGGp ini.

"Kesiapan relatif baik. Semua telah terkoordinasi dengan baik," tambahnya.***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Pastikan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark Siap Direvalidasi

Trending Now

Iklan