100 Sapi di Kabupaten Kuningan Sembuh dari PMK

KILASINFO.ID
06 Juni, 2022 | 1:19 PM WIB Last Updated 2022-06-06T06:23:28Z

Peternak Sapi.|Foto:disnakkeswan.jatengprov.go.id

Dari jumlah tersebut, tiga ekor mati, 12 ekor dipotong paksa, 100 sembuh dan sisanya masih dilakukan pemantauan

JAWA BARAT, KILASINFO – Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terus berupaya dalam menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyasar hewan ternak sapi akhir-akhir ini. Tercatat 100 sapi sembuh total usai terjangkit PMK.

Sebelumnya, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, mencatat sedikitnya 436 ekor sapi di daerah nya terjangkit PMK, dan terbanyak terserang yakni sapi perah.

"Data terakhir sudah 436 ekor sapi yang terjangkit PMK," kata Dokter Hewan Medik Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Rofiq saat dihubungi melalui telepon di Kuningan, Senin (6/6/2022) dikutip dari Antara.

Rofiq mengatakan dari jumlah tersebut, hanya ada 77 ekor sapi potong yang terjangkit dan sisanya sapi perah.

Masih di Antara, Rofiq menjelaskan wabah PMK yang menyerang Kabupaten Kuningan cukup cepat terutama di daerah peternakan sapi perah, mengingat antara satu kandang dengan kandang lainnya berdekatan.

Untuk itu, lanjut Rofiq, pihaknya sudah melakukan pendampingan kepada para peternak agar terus intensif melakukan penyemprotan disinfektan, baik di kandang, kendaraan maupun lainnya.

"Dari jumlah tersebut, tiga ekor mati, 12 ekor dipotong paksa, 100 sembuh dan sisanya masih dilakukan pemantauan," tuturnya.

Rofiq mengatakan wabah PMK yang menyerang ternak di Kabupaten Kuningan, terdeteksi pertama kali di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, dari sapi potong.

Setelah itu, lanjut Rofiq, wabah PMK semakin meluas, hingga ratusan ternak yang berada di daerah tersebut, khususnya sapi terjangkit.

Menurutnya, penyebaran virus PMK sangat cepat, baik melalui udara, perantara sesama hewan, benda, manusia maupun lainnya.

"Pertama kali kita temukan di sapi potong, yang diambil dari Pasar Ternak di daerah Tasikmalaya," katanya.*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 100 Sapi di Kabupaten Kuningan Sembuh dari PMK

Trending Now

Iklan