Kegiatan Administrasi Desa ‘Bisa’ Diakses Lewat Android?

KILASINFO.ID
10 Juni, 2022 | 2:27 PM WIB Last Updated 2022-06-11T03:32:09Z

 Ilustrasi program digitalisasi desa.|Foto : rejuno.ngawikab.id

Data dan arsip yang ada di desa bisa disimpan dengan baik, sehingga permudah dan perlancar pekerjaan administasi, lebih jauh data bisa terintegrasi dan kualitas pelayanan bagi masyarakat akan meningkat

SUKABUMI, KILASINFO – PT. Arsy Software Indonesia memastikan bahwa program digitalisasi desa bisa diakses melalui android, dan dapat menyimpan arsip dan mempermudah kegiatan administrasi di Desa.

BACA JUGA: Cari Hunian Nyaman dengan Akses Fasilitas Mudah Didapat? Benteng Royal Residence Solusinya

Hal tersebut disampaikan staff PT. Arsy Software Indonesia, Irham M, saat audiensi dengan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Badan Koordinasi Pengembangan Sumber Daya Manusi (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/6/2022).

BACA JUGA: Baru Saja 1 Rumah Ludes Terbakar di Cicantayan Sukabumi

"Dengan program digitalisasi desa, data dan arsip yang ada di desa bisa disimpan dengan baik sehingga mempermudah dan memperlancar pekerjaan administasi, lebih jauh data bisa terintegrasi dan kualitas pelayanan bagi masyarakat akan meningkat," katanya.

Sementara itu, Wabub menyebutkan harus ada penguatan dalam program ini untuk mempermudah pelayanan di desa, seperti peningkatan kapasitas SDM. Selain itu juga, aplikasinya harus terintegrasi di Kominfo.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Nagmuk di Curugkembar Sukabumi, 4 Rumah Warga Rusak

"Kedepan data dari tiap perangkat daerah bisa disimpan di Comand Centre yang dikelola oleh Kominfo, sehingga bisa di akses oleh seluruh desa di Kabupaten Sukabumi dan masyarakat yang membutuhkan informasi, jadi tinggal meng klik saja," ungkapnya.

Kadis Kominfosan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha, menambahkan bahwa penerapan program digitalisasi desa tentu sangat relevan dengan perkembangan teknologi informasi dan tuntutan layanan yang serba cepat, mudah dan bisa di akses kapanpun dan dimanapun.

BACA JUGA: Soal 2 Laporan, Mahasiswa Datangi Kejari Kota Sukabumi

"Beberapa hal penting yang harus diperhatikan bersama adalah Jaminan keamanan data kemudian Integrasi data yang terus update dan yang tak kalah penting lokasi server yang digunakan harus berada di indonesia, sehingga memudahkan semua pengguna khususnya saat maintenance atau hal lain terkait server," katanya.*

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Administrasi Desa ‘Bisa’ Diakses Lewat Android?

Trending Now

Iklan